Jumat, 07 Juni 2013

karya imiah tentang dahsyatnya manfaat buah naga

KARYA ILMIAH
DAHSYATNYA MANFAAT BUAH NAGA
Logo  STKIP
 







  

MAIZIL PUTRA

 
 
Dosen pembimbing

ERNA, M.Pd

 

 

 

PROGRAM STUDI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

ST-KIP (SEKOLAH TINGGI KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN)
ABDI PENDIDIKAN PAYAKUMBUH
2013
KATA PENGANTAR

Rasa syukur yang dalam punulis sampaikan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Pemurah,  karena berkat kemurahanNya karya ilmiah ini dapat penulis selesaikan sesuai yang diharapkan. Dalam karya ilmiah ini penulis mengangkat sebuah topik yang berjudul “Dahsyatnya Khasiat Buah Naga”. Dalam  proses penulisan ini,  penulis tentunya mendapatkan bimbingan, arahan, dan pengetahuan. Untuk itu, rasa terima kasih yang dalam-dalamnya  penulis sampaikan kepada dosen Erna, M.Pd, selaku dosen mata kuliah “Karya Ilmiah”.
Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dari karya ilmiah ini, baik dari materi maupun teknik penyajiannya, mengingat kurangnya pengetahuan dan pengalaman penulis. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan. Demikian karya ilmiah ini penulis buat, semoga bermanfaat.








Payakumbuh 08 juni 2013

penulis
DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ........................................................................................... ii
DAFTAR ISI ........................................................................................................ iii
BAB I PENDAHULUAN .....................................................................................1
A.  Latar Belakang Penelitian ........................................................................... 1
B.  Rumusan Masalah ..................................................................................... 1
C.  Tujuan Penelitian ....................................................................................... 1
D.  Manfaat Penelitian ..................................................................................... 2
BAB II KAJIAN TEORI .................................................................................... 3
BAB III PEMBAHASAN ................................................................................... 4
A.  Dahsyatnya Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Umum Buah Naga ............ 4
B.  Dahsyatnya Khasiat Serat Buah Naga Bagi Kesehatan ............................ 4
BAB IV PENUTUP ........................................................................................... 7
A.  KESIMPULAN .............................................................................................. 7
B.  SARAN .......................................................................................................... 7
DAFTAR PUSTAKA ......................................................................................... 8




BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Penulisan
Indonesia dikenal dengan daerah tropis oleh sebab itu semua jenis tanaman bisa tumbuh subur. Baru-baru ini di indonesia telah dibudidayakan salah satu jenis tanaman dengan buah berwarna merah menyala dan bersisik hijau. Nama yang tidak asing lagi bagi tanaman ini yakni buah naga. Buah naga atau disebut dengan dengan dragon fruit ini, tak hanya sebagai buah-buahan untuk melengkapi makanan sehat bagi kita. Selama ini, banyak di antara kita yang belum mengenal secara detail dan menyeluruh mengenai manfaat dan khasiat dari buah naga.
Sebagai pencegahan penyakit, buah-buahan dan sayuran menjadi primadona untuk makanan tinggi serat. Tidak hanya buah umum dikenal dan dijual di pasar, namun berbagai buah aneh atau asing pun ditawarkan. Tetapi untungnya saat ini sudah ada penelitian tentang buah naga dan berbagai khasiatnya.
B.  Rumusan Masalah
Membicarakan buah naga atau dragon fruit sangat luas cakupannya, untuk itu penulis merumuskan pokok masalah yang akan dituangkan dalam tulisan ini yakni, tentang apa kedahsyatan manfaat buah naga tersebut?
C.  Tujuan Penulisan
Buah naga yang banyak beredar di pasaran ternyata mempunyai banyak manfaat jika mengkonsumsinya. Tulisan ini bertujuan agar semua orang tau khasiat yang ada dalam buah naga, diantaranya:
1.    Dahsyatnya kandungan nutrisi dan manfaat umum buah naga, serta
2.    dahsyatnya khasiat serat buah naga bagi kesehatan.
D.  Manfaat Penulisan
Setelah kita mengetahui buah naga ternyata untuk menghindarkan diri dari penyakit atau sembuh dari penyakit, kita tidak selalu pergi berobat kedokter. Kita hendaknya bisa memanfaatkan buat yang bernilai tinggi khasiatnya ini. Buah yang bisa menolak kita dari penyakit dan bisa menyembuhkan kita dari penyakit yang bisa mengakibatkan fatal bagi kehidupan.
















BAB II
KAJIAN TEORI
Menurut A.L. Leong dari Johncola Pitaya Food R&D, organisasi yang meneliti buah naga merah, buah kaktus madu itu cukup kaya dengan berbagai zat vitamin dan mineral yang sangat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan bermanfaat bagi metabolisme dalam tubuh manusia. Ia beranggapan bahwa, hasil penelitian menunjukkan bahwa buah naga merah sangat baik bagi sistem peredaran darah, serta memberikan efek mengurangi tekanan emosi dan menetralkan toksin dalam darah.
Menurut Dr. Luciana B. Sutanto, MS, SpGK spesialis gizi FKUI, serat adalah bahan makanan nabati yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan di dalam tubuh. Sementara itu, sayuran dan buah ialah bahan makanan yang banyak mengandung serat alias dietary fiber. Di dalam bahan pangan nabati, serat ditemukan pada sebagian besar struktur tanaman, daun, batang, akar, buah, maupun biji (seperti halnya buah naga).










BAB III
PEMBAHASAN

A.  Dahsyatnya Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Umum Buah Naga
Buah naga biasanya dikonsumsi dalam bentuk buah segar sebagai penghilang dahaga karena buah naga mengandung kadar air tinggi. Adapun manfaat buah naga secara umum adalah: sebagai antikanker dan antioksidan, menyembuhkan rematik dan asam urat, menyeimbangkan kadar gula darah, meningkatkan kesehatan mata, melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi, perlindungan kesehatan mulut, mengurangi kolesterol, pencegahan pendarahan serta mengobati keluhan keputihan.
Selain manfaat tersebut, tentu saja buah naga masih memiliki beragam manfaat lainnya yang begitu dahsyat. Bahkan setiap nutrisi atau zat gizi pada buah naga mempunyai manfaat tersendiri bagi kesehatan, kecerdasan, dan kecantikan manusia. Adapun manfaat dari setiap nutisi pada naga merah adalah: protein yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan jantung, serat yang bermanfaat untuk mencegah kanker usus dan kencing manis serta membantu program diet, karoten yang bermanfaat bagi kesehatan mata menguatkan otak mencegah masuknya penyakit, kalsium yang bermanfaat untuk menguatkan tulang, zat besi untuk menambah darah, vitamin mencegah demam menambah selera makan menurunkan kolesterol serta vitamin untuk menambah kelicinan, kehalusan kulit dan mencegah jerawat.
B.  Dahsyatnya Khasiat Serat Buah Naga Bagi Kesehatan
Buah naga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan serat pada buah naga yang mencapai 0,7 – 0,9 g juga sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Jika ingin terhindar dari penyakit maka tidak salah bila mengkonsumsi buah naga. Perlu kita ketahui bahwa berbagai penyakit dapat timbul akibat pola makan yang salah kurang serat. Penyakit-penyakit tersebut antara lain penyakit jantung koroner, stroke, diabetes, gangguan pencernaan, kerusakan gigi dan gusi, serta kegemukan.
Adapun manfaat serat secara komplet adalah:
1.    Serat berguna menurunkan kadar kolesterol dan mencegah konstipasi karena menyerap air ketika melewati saluran pencernaan sehingga tekstur feses menjadi lunak. Agar terbebas dari masalah sembelit, konsumsi serat harus diimbangi dengan asupan air yang cukup. Jika kurang minum, serat akan memperparah sembelit atau gangguan pada usu besar.
2.    Serat tidak hanya membuat perut terasa lebih penuh, tetapi juga mengurangi masalah pencernaan, termasuk memangkas resiko kanker kolon.
3.    Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa dalamm jumlah besar, serat bisa membantu mengatur kadar gula darah dan insulin. Maka, orang yang sering kali mengonsumsi serat cenderung lebih langsing.
4.    Asupan serat tinggi (khususnya produk serelia) terbukti memperlambat timbulnya plak oleh kolesterol pada wanita yang menderita penyakit jantung.
5.    Konsumsi serat yang cukup akan melindungi jantung dengan menurunkan kolesterol jahat (LDL) tanpa mengurangi kadar kolesterol baik (HDL). Ini dikarenakan pangan tinggi serat umumnya rendah kandungan lemak jenuh dan kolesterol.
6.    Serat membuat makan jadi lebih lambat dan perut cepat terasa penuh sehingga cocok untuk metode menurunkan berat badan dan mengontrol kalori.
7.    Adanya serat meningkatkan pelepasan enzim pencernaan dan mengatur hormon pankreas.
8.    Serat yang cukup membantu kerja usus, mengurangi resiko divertikulosis (terbentuknya kantong tidak normal pada dinding usus), wasir, serta meningkatkan kecepatan melenyapkan zat-zat berbahaya dalam makanan.
9.    Serat yang larut sangat lembut dan dapat menolong orang yang mengalami iritasi pada usus.



















BAB IV
PENUTUP
A.  Kesimpulan
Jika dulu makan hanya dianggap sebagai sumber energi yang tidak tersedia dan hanya dikenal mempunyai efek pencahar perut, ternyata adanya hubungan antara konsumsi serat dan insiden timbulnya beragam penyakit. Sebagai pencegahan penyakit, buah-buahan dan sayuran menjadi primadona untuk makanan tinggi serat. Tak hanya buah yang umum dikenal dan dijual di pasar, namun beragai buah aneh atau asing pun ditawarkan seperti halnya buah naga yang kaya akan khasiat bila mengkonsumsinya.
B.  Saran
Setelah mengetahui bahwa disetiap bagian buah naga mengandung zat gizi dan manfaat tersendiri, maka kita hendaknya mau menjadikan buah naga sebagai makanan sehat keluarga.










DAFTAR PUSTAKA

Putra, Satiavana Rizem. 2011. Buah Naga. Jogjakarta: Laksana.

Wirakusumah, Emma S. 2007. Jus Buah Dan Sayuran. Jakarta: Penebar Swadaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar